Sabtu, 14 Juli 2012

Fungsi SUMIF Microsoft Excel

Fungsi SUMIF adalah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan data dalam suatu list atau data range dengan menggunakan kriteria tertentu. Contoh, perhatikan gambar tabel dibawah ini :
Tabel diatas adalah tabel Data order para sales dan total penjualannya, dalam hal ini kita akan menjumlahkan total penjualan hanya yang ordernya lebih dari 25 saja menggunakan rumus fungsi SUMIF. Rumus umum Fungsi SUMIF adalah :

Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut : 
  1. Buatlah tabel seperti pada gambar diatas 
  2. Pada Cells E12 isikan dengan rumus :
    =SUMIF(D4:D8;">25";E4:E8)
    Penjelasan rumus diatas adalah :
    • Range : Data Range yang menjadi krteria (D4:D8)
    • Criteria : Kriteria yang digunakan yaitu order lebih besar dari 25 (>25)
    • Sum_Range : Data Range yang akan dijumlahkan sesuai dengan kriteria
  3. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar